Sabtu, 08 November 2014

Menakar Relevansi dana lain - lain dalam proposal

Assalamu'alaikum
Rekan Netter, dalam kesempatan ini saya akan sedikit memberikan penilaian ( menakar ) relevansi dana lain - lain dalam proposal.
Seperti kita ketahui, bahwa dalam pembuatan proposal kegiatan, hampir tidak pernah lepas dari adanya dana lain - lain pada bagian anggaran.

Dana lain - lain seolah menjadi sebuah penyempurna yang menjamin kecukupan dana dalam suatu kegiatan. Karena dengan adanya dana lain - lain, maka panitia akan merasa memiliki dana yang bebas penggunaanya. Sehingga jika ada pos tertentu yang kurang atau ada perlengkapan tertentu yang kurang bisa dengan mudah ditambal menggunakan dana lain - lain.

Tujuan awal diadakannya dana lain - lain memang bagus, namun  jika kita jujur dan teliti lebih mendalam, adanya dana lain - lain menjadi celah yang bisa membawa kearah keruwetan dalam pelaporan kegiatan. Bagaimana tidak, karena penggunaan dana lain - lain tidak ada aturan dan batasan yang jelas. Hal ini bisa dimanfaatkan orang yang tidak bertanggungjawab untuk membiayai kepentingan pribadi. Baik secara terang - terangan maupun mark up harga.

Oleh sebab itulah saya berpendapat, sebaiknya dalam sebuah proposal tidak perlu disediakan pos dana lain - lain. Karena adanya dana lain - lain bisa mendorong kearah tindakan penyalahgunaan dana sekaligus menunjukkan kurang matangnya dalam penyusunan proposal.

Selanjutnya, untuk mengantisipasi kekurangan dana, maka bisa disediakan dana cadangan. Sekilas memang tampak mirip antara dana cadangan dengan dana lain - lain. Namun nama "dana cadangan" jauh memberikan nilai positiv dan mudah pertanggungjawabannya dibandingkan dana lain - lain. Karena kata "lain - lain" bermakna bias atau tidak jelas.

Perbedaan dan dampak penggunaan nama "dana cadangan" dengan "dana lain - lain" kurang lebih seperti antara penggunaan kata "kami" dengan kata "kita".

Perbedaan ini hanya akan terlihat dengan jelas oleh orang - orang yang jujur dan mau merenungkan.

Demikian dulu ya, semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat.

Salam Sukses
Wassalamu'alaikum wrwb
Sugeng Prayitno

Tidak ada komentar:

Posting Komentar